Home » Tips Trik » Tips Utama Dalam Desain Interior Penataan Ruang Sempit / minimalis

Tips Utama Dalam Desain Interior Penataan Ruang Sempit / minimalis

Beberapa Hal Pokok dalam Mendesain Interior Penataan Ruang Minimalis / Sempit.

Penataan Ruang Minimalis / Menata Ruang Minimalis / Sempit, Merupakan sesuatu yang harus kita perhatikan ketika membangun sebuah rumah dengan ukuran yang minim / kecil.

Karena kita harus bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan ruang yang ada maka kita juga harus jeli dalam penataan ruang yang berukuran kecil supaya terlihat luas dan longgar, bahkan terkadang karena keteledoran kita dalam menata sebuah ruangan, ruangan yang seharusnya berukuran besar tampak sempit dan pengap.

Maka dari itu, kami berupaya memeberikan beberapa solusi / tips dalam penataan ruangan, terutama ruangan yang berukuran minimalis.
berikut ini beberpa hal yang harus kita perhatikan ketika dalam penataan ruang minimalis.

1. Penggunaan Furniture yang praktis untuk membuat ruangan berkesan luas.

Dalam Mendesain Interior Penataan Ruang Minimalis, pemilihan furniture yang kita gunakaan sangat berpengaruh, untuk mendesain ruang sempit agar tampak luas maka kita harus menggunakan furniture dengan kriteria kurang lebih sebagai berikut :

  • Praktis dan Fleksibel.
       pilihlah furniture yang simpel dan tidak terlalu ribet, speterti memilih lemari pakaian dan sepatu menjadi satu, dan membuat lemari tersebut lebih kearah tingginya dan mengurangi lebar lemari akan menambahkan kesan ruang terasa lebih longgar.
  • Utamakan Memanfaatkan Rak Tempel.
    Penggunaan Rak Tempel secara otomatis akan mengurangi kebutuhan lemari dan rak yang besar dan itu akan membuat ruanganan kita tampak lebih luas dengan tidak adanya lemari buku dan parfum misalnya, selain memperindah interior ruangan rak tempel juga menambah kesan luasnya ruangan kecil.
  • Hindari Penggunaan Furniture yang terlalu banyak hiasan / aksesoris/ ukiran.
     Pilihlah furniture yang menngunakan desain minimalis, seperti meja, kursi lampu duduk, dan hindari penggunakan sofa dengan interior tebal dan berlebih, begitu juga meja kursi dengan berbagai ukiran.

2. Peletakan Furniture jangan melebihi setengah dari sisi ruangan.

Penempatan furniture juga sangat penting dalam Mendesain Interior Penataan Ruang Minimalis, dalam penempatan berbagai furniture ruangan minimalis sangat penting untuk membuat ruang minimalis tersebut tampak luas dan longgar, karena penempatan furniture yang salah dapat membuat ruang yang semulanya besar saja dapat terlihat sempit dan sumpek, maka dari itu ada beberapa poin yang akan kita sampaikan terkait penempatan furniture agar ruangan minimalis tampak luas, tips tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Usahakan Meletakkan furniture dibagian pinngir ruangan / dekat tembok.
      Peletakan furniture dibagian pinggir ruangan jelas akan membuat sisa yang lebar dalam sebuah ruang dan membuat ruangan tersebut tampak lebih luas. dan usahakan jangan menaruh furniture diantara pintu ruangan, seperti meletakan meja dan kursi tamu diantara pintu masuk ruang tamu dan ruang keluaga,
  • Manfaatkan sudut ruangan.
     Selain peletakan di bagian pinggir, usahakan manfaatkan sudut ruangan sebagai tempat furniture seperti lampu duduk, fas bunga , rak sepatu, atau rak buku. itu akan menghemat penggunaan ruang longgar, dan pastinya akan tercipta ruang yang tampak longgar.
  • Letakkan Furniture Dengan gaya Letter L, dan Usahakan hindari Peletakan furniture berhadapan.
      Peletakan Furniture Berhadapan akan menekan sisi longgar ruangan, dan menutup bahkan membuang space ruangan yang berakibat tampak sempitnya sebuah ruangan.

3. Peletakan Ventilasi, Cendela dan Pencahayaan dalam Penataan Ruang.

Pemberian Cendela dan ventilasi udara sangat penting dalam sebuah rumah, selain sebagai penchayaan juga sebagai media pergantian udara agar rumah selalu segar dan sejuk, namun kita juga harus memperhatikan dalam penempatannya agar menambahkan keindahan dan tidak mengurangi keindahan ruang karena salah dalam meletakkan cendela, pencahayaan dan ventilasi udara, dalam Mendesain Interior Penataan Ruang Minimalis / Sempit.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih dan menempatkan cendela, ventilasi, dan pencahayaan.

  • Gunakan Cendela Panjang.
    Penggunaan cendela panjang akan menambahkan space lebar tembok dan tentunya akan membuat tembok yang kecil tampak lebih lebar.
  • Letakkan cendela di sebelah Pinggir.
    Meletakkan cendela di sebelah pinggir tembok, akan lebih membuat tembok terlihat lebih luas daripada meletakkan cendela di tengah tembok persis.
  • Gunakan kaca bening dan polos.
    Selain memaksimalkan cahaya yang masuk pemakaian kaca bening dan polos akan lebih membuat dinding kita tidak terlihat sempit.

4. Pemilihan Warna Cat Dinding, Walpaper, Plafon, dan Lantai dalam Penataan Ruang.

Penggunaan warna sangat mempengaruhi kesan luas dan sempitnya ruangan, Karena warna yang kita gunakan terkadang ruang yang luas akan terlihat sempit, begitupun sebaliknya, karena warna yang kita gunakan dapat membuat ruang yang semulanya kecil akan tampak lebih luas.
maka dari itu kami akan mencoba memberikan beberapa tips dalam pemilihan warna untuk ruang sempit / minimalis.

  • Hindari warna warna gelap.
    Hindari penggunaan warna gelap dan solid untuk mendekor ruang minimalis, karena warna gelap membuat ruang seakan akan sempit.
  • Lebih utamakan menggunakan warna yang selaras, antara Furniture, Dinding dan plafon.
      Gunakanlah warna yang selaras dalam pewarnaan ruang anda, seperti Putih dengan Cream, Putih susu dengan Pink / Hijau pupus / Biru Laut.
  • Gunakan Minimal Dua warna, dan maksimal 3 warna.
     Gunakan antara dua warna dan jangan melebihi tiga warna dalam satu ruangan anda. karena jika anda mendesain ruang hanya dengan satu warna itu akan mengurangi sisi sisi yang dapat kita gunakan untuk membuat kesan lebih luas, seperti lis pinggir dan pojok, dan menggunakan satu warna juga dapat membuat kita jenuh dalam ruang tersebut,
    Begitu juga penggunaan warna yang lebih dari 3 akan membuat kesan ruang kita terlalu banyak aksesoris, dan akan membuat seakan ruang kita begitu sempit, sama halnya jika kita menaruh berbagai jenis furniture dalam satu ruang.
  • Furniture dengan warna yang seragam.

5. Pemilihan Corak dan Motif Dinding, Furniture, dalam Penataan Ruang.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *